Kebijakan Privasi

  • Penyelenggara berkomitmen untuk melindungi dan menghormati privasi Pengguna

  • Kebijakan Privasi ini berlaku untuk Pengguna, sehingga Pengguna dengan ini mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan setuju dengan ketentuan-ketentuan Kebijakan Privasi ini.

  • Platform adalah situs layanan milik Penyelenggara yang bergerak di bidang jasa layanan urun dana berbasis teknologi informasi, dengan nama domain www.danamart.id atau yang sebagaimana diubah dari waktu ke waktu oleh Penyelenggara.

  • Data Pribadi adalah data perseorangan yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya yang dibutuhkan oleh Penyelenggara untuk dikumpulkan dan dikelola dalam layanan urun dana di Platform.

  • Kebijakan Privasi dirancang untuk membantu Pengguna mengerti bagaimana Penyelenggara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah Data Pribadi yang Pengguna telah berikan kepada Penyelenggara, serta membantu Pengguna dalam mengambil keputusan yang diberitahukan sebelum memberikan Data Pribadi Pengguna kepada Penyelenggara.

  • Bacalah hal-hal berikut ini dengan teliti untuk memahami cara beroperasi Penyelenggara sehubungan dengan Data Pribadi milik Pengguna.


Dari waktu ke waktu dan atas persetujuan dari Pengguna, Penyelenggara dapat meminta informasi dari Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada Data tentang Pengguna termasuk informasi dan data yang diberikan oleh Pengguna atau oleh siapapun yang memperoleh izin dari Pengguna dan dari pihak ketiga lainnya yang diizinkan oleh Pengguna dan sumber-sumber yang tersedia untuk publik termasuk lembaga pemerintahan atau biro/lembaga pemeringkat kredit.

  1. Informasi dan data Pengguna tentang para anggota keluarga, kerabat, teman, penerima manfaat, kuasa hukum, pemegang efek, pemilik manfaat, kuasa, wali amanat, penjamin, penyedia jaminan lainnya dan/atau individu-individu lain.
  2. Bank/Lembaga Keuangan Lainnya mitra usaha Penyelenggara guna untuk mendukung kegiatan dari Penyelenggara dan membantu melakukan prinsip Know Your Customer oleh Bank/Lembaga Keuangan Lainnya mitra usaha Penyelenggara.
  3. Data Pribadi yang dapat mengidentifikasi Pengguna atau pihak-pihak lain yang memiliki relevansi dengan Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, tempat dan tanggal lahir, KTP/paspor, alamat, alamat email, nomor telepon/ telepon seluler, informasi keuangan (khusus untuk Penerbit), deskripsi dan foto pribadi, rekening bank yang aktif, sejarah Pendanaan, dan/atau latar belakang pendidikan dan data kependudukan (“Informasi Pengguna”).
  4. Perincian catatan pengunduhan untuk membantu menemukan permasalahan Pengguna berdasarkan masukan (feedback) Pengguna, seperti pengunduhan yang lambat atau kegagalan dalam pengunduhan.
  5. Informasi tentang perangkat seluler Pengguna untuk membantu Penyelenggara agar Platform dapat beradaptasi dengan lebih baik untuk perangkat seluler yang berbeda, yang meliputi model perangkat seluler dan resolusi.
  6. Informasi terkait dengan Platform dan/atau aplikasi lain yang digunakan oleh Pengguna untuk merekomendasikan konten Platform yang dipersonalisasi untuk Pengguna.
  7. Informasi dan data dari cookies atau teknologi lainnya yang digunakan pada Platform.

Penyelenggara menggunakan data Pengguna dalam hal:

  1. Untuk memberikan layanan dalam Platform kepada Pengguna.
  2. Untuk memahami bagaimana Pengguna menggunakan Platform (termasuk fitur yang paling sering digunakan), untuk meningkatkan layanan dan kinerja Penyelenggara.
  3. Jika Pengguna menghendaki opt in, untuk mengirimkan pemberitahuan seketika (push notifications).
  4. Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan di dalam dan luar negeri yang berlaku pada Penyelenggara (termasuk anti pencucian uang dan kewajiban pajak yang berlaku pada Penyelenggara dan pengungkapan pada setiap bursa efek, pengadilan, otoritas pemerintah, otoritas pengawas atau regulator lain apapun sesuai pedoman, peraturan, perintah, petunjuk atau permintaan yang relevan dari organisasi-organisasi tersebut) dan mematuhi setiap perjanjian internasional atau perjanjian yang berlaku dengan atau antara pemerintah asing dan dalam negeri yang berlaku pada Penyelenggara.
  5. Untuk memeriksa identitas dan/atau kewenangan dari para kuasa Pengguna yang menghubungi Penyelenggara atau dihubungi oleh Penyelenggara, dan untuk melaksanakan atau menanggapi permintaan, pertanyaan atau instruksi dari kuasa Pengguna yang telah diperiksa atau para pihak lain sesuai dengan prosedur pengamanan Penyelenggara.
  6. Untuk melakukan penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, risiko dan anti pencucian uang, membuat dan mengelola model penilain kredit, melakukan pemeriksaan dan peninjauan kredit dan latar belakang lain, dan menyimpan sejarah kredit Pengguna dan kuasa Pengguna yang sah untuk referensi saat ini dan di masa mendatang.
  7. Untuk mendeteksi, mencegah, melakukan penyidikan dan mendakwa kejahatan dan penipuan termasuk membantu dalam setiap penyidikan kejahatan oleh otoritas yang relevan terhadap Pengguna, individu yang relevan atau orang lain.
  8. Untuk melaksanakan atau membela hak-hak Penyelenggara, yang berasal dari kontrak atau lainnya.
  9. Untuk memasarkan produk atau yang terkait dengan pembiayaan melalui email.
  10. Untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan atau mengolah Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan layanan urun dana dalam Platform.
  1. Penyelenggara berusaha untuk setiap saat memastikan bahwa Data Pribadi, Data Transaksi, dan Data Keuangan Pengguna yang dikelola Penyelenggara sejak data diperoleh sampai data tersebut dimusnahkan akan dilindungi terhadap akses yang tidak sah atau tidak disengaja, pengolahan, perbaikan (koreksi) atau penghapusan. Penyelenggara menerapkan langkah-langkah keamanan yang patut (tepat) untuk menjaga dan mengamankan data pribadi Pengguna. Penyelenggara mendorong Pengguna untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi Data Pribadi Pengguna.
  2. Penyelenggara dengan cara apapun tidak akan memberikan data dan/atau informasi mengenai Pengguna dan/atau calon Pengguna kepada pihak ketiga. Kecuali dalam hal: (i) Pengguna dan/atau calon Pengguna memberikan persetujuan, (ii). melaksanakan permintaan polisi, jaksa, atau hakim untuk kepentingan peradilan perkara pidana, (iii) melaksanakan putusan Pengadilan; dan/atau (iv) diwajibkan oleh ketentuan peraturan perundang undangan
  3. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga privasi dan kerahasiaan Informasi. Mohon untuk membuat diri Pengguna terinformasi ketika mengakses internet dan untuk selalu membaca dan mengkaji pernyataan kebijakan/privasi di situs yang Pengguna akses. Mohon pastikan bahwa Pengguna melakukan hal-hal berikut ini: (i) untuk tidak mengungkapkan kata sandi Pengguna, (ii) untuk tidak memberikan informasi pribadi apapun kepada siapapun, termasuk nama Pengguna, (iii) untuk tidak akan mengisi formulir online tanpa izin sebelumnya dari Pengguna. Mohon untuk menggunakan kata sandi yang kompleks dengan kombinasi yang cukup panjang yang berisi huruf dan angka yang membutuhkan kombinasi yang tidak biasa pada papan ketik (keyboard); karena kata sandi sederhana mudah dipecahkan. Mohon untuk tidak memberikan kata sandi Pengguna kepada siapapun secara daring (online). Dalam hal apapun, mohon untuk mengubah kata sandi Pengguna secara periodik.
  4. Penyelenggara memastikan tersedianya proses autentikasi, verifikasi, dan validasi yang mendukung kenirsangkalan dalam mengakses, memproses, dan mengeksekusi data pribadi, data transaksi, dan data keuangan yang dikelola Penyelenggara;
  5. Penyelenggara menjamin bahwa perolehan, penggunaan, pemanfaatan, dan pengungkapan data pribadi, data transaksi, dan data keuangan yang diperoleh oleh Penyelenggara berdasarkan persetujuan pemilik data pribadi, data transaksi, dan data keuangan, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan;
  6. Penyelenggara menyediakan media komunikasi lain selain Sistem Elektronik Layanan Urun Dana untuk memastikan kelangsungan layanan Pemodal yang dapat berupa surat elektronik, pusat panggilan, atau media komunikasi lainnya
  7. Penyelenggara memberitahukan secara tertulis kepada pemilik data pribadi, data transaksi, dan data keuangan, jika terjadi kegagalan dalam perlindungan kerahasiaan data pribadi, data transaksi, dan data keuangan yang dikelola Penyelenggara.

Penyelenggara berkomitmen untuk melindungi privasi dan keamanan data pribadi Pengguna, sehingga Pengguna memiliki hak untuk meminta penghapusan data pribadi yang sudah disimpan oleh Penyelenggara. Berikut adalah ketentuan dan prosedur pengajuan penghapusan data pribadi

  1. Pengguna berhak untuk meminta Penghapusan Data yang disimpan oleh Penyelenggara sebagaimana kondisi data tidak lagi diperlukan untuk tujuan administrasi yang sebelumnya dikumpulkan atau diproses dan/atau sudah tidak ada lagi Pendanaan yang dilakukan oleh Pengguna serta sudah tidak ada lagi dana yang menggantung. Demikian Pengguna menarik persetujuan yang menjadi dasar pemrosesan data, sehingga data dapat dimintakan dihapus untuk mematuhi kewajiban hukum selama hak dan kewajiban Pengguna sudah terpenuhi untuk seluruhnya.
  2. Pengguna dapat memintakan Penghapusan Data dengan mengajukan penghapusan data pribadi secara tertulis dan mengajukan permintaan Penghapusan data kepada Penyelenggara dengan menyertakan alasan dan informasi data pengguna yang cukup untuk mengidentifikasi Pengguna.
  3. Pengguna mengetahui bahwa permintaan Penghapusan Data belum dapat sepenuhnya dilakukan oleh Penyelenggara mengingat terdapatnya kondisi sebagai berikut:
    • Data Pengguna diperlukan untuk mematuhi kewajiban peraturan perundangan-undangan atau proses hukum di Pengadilan.
    • Data Pengguna diperlukan untuk menyelesaikan transaksi atau kontrak yang belum selesai.
    • Data Pengguna diperlukan untuk melindungi keamanan dan integritas sistem Penyelenggara.
    • Data Pengguna diperlukan untuk melaksanakan atau membela klaim hukum Pihak Lain.
    • Data transaksi Pengguna selama menjadi Pengguna Layanan pada Platform Layanan Urun Dana milik Penyelenggara.
  4. Pengguna menyadari bahwa Penghapusan Data dapat mempengaruhi layanan yang diberikan oleh Penyelenggara. Beberapa fitur atau layanan Penyelenggara tidak lagi tersedia setelah dilakukannya Penghapusan Data. Oleh karenanya jika Pengguna ingin menggunakan layanan Penyelenggara kembali maka Pengguna harus melakukan proses administrasi kembali kepada Penyelenggara. Demikian atas dilaksanakannya Penghapusan Data, Pengguna dengan ini menyetujui bahwa Penyelenggara sudah melaksanakan seluruh kewajibannya sebagaimana perlindungan data pribadi dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Semua teks, data, gambar, grafik, audio dan/atau informasi video dan bahan-bahan lain dalam Platform adalah milik Penyelenggara dan telah dilindungi oleh hak cipta, merek dagang dan/atau peraturan lainnya tentang hak kekayaan intelektual. Tidak ada dalam kebijakan ini yang dapat ditafsirkan sebagai pemberian lisensi dari setiap hak kekayaan intelektual atau atas hal serupa dari Penyelenggara kepada Pengguna. Pengguna dilarang menyalin, menampilkan, mengunduh, memodifikasi, mereproduksi, atau membuat karya turunan dari komponen Platform, baik yang secara langsung atau tidak langsung diterbitkan, dilakukan, ditulis ulang atau diterbitkan ulang, atau digunakan dengan cara lain untuk tujuan komersial tanpa persetujuan tertulis dari Penyelenggara.
  1. Ketika Pengguna mengirimkan Informasi Pengguna, hal itu akan dianggap sebagai persetujuan Pengguna untuk pengumpulan, penyimpanan, penggunaan dan/atau pengungkapan informasi oleh Penyelenggara. Penyelenggara dapat menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan layanan Penyelenggara dalam Platform.
  2. Pengguna setuju bahwa Pengguna telah memperoleh persetujuan dari semua orang perseorangan yang Data Pribadi-nya dimasukkan dalam Platform sehingga setiap informasi atau Data Pribadi tersebut dapat diolah, disimpan, dialihkan atau diungkapkan dalam dan kepada negara manapun sebagaimana yang dianggap perlu oleh Penyelenggara sesuai dengan hukum yang berlaku. Data Pribadi tersebut juga dapat diolah, disimpan, dialihkan atau diungkapkan sesuai dengan hukum dan praktik, aturan dan peraturan setempat (termasuk setiap permintaan berdasarkan peraturan, tindakan dan perintah pemerintah) di negara/yurisdiksi tersebut.
  3. Pengguna setuju bahwa Penyelenggara dapat mengubah dan memodifikasi ketentuan-ketentuan dari Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu dan akses/penggunaan atau kelanjutan akses/penggunaan Pengguna atas Platform setelah perubahan tersebut juga harus dianggap sebagai penerimaan dan persetujuan Pengguna pada perubahan-perubahan tersebut.
  4. Pengguna setuju bahwa apabila Pengguna tidak memberikan informasi atau Informasi Pengguna atau menarik persetujuan sehubungan dengan pengumpulan,
  5. penggunaan dan/atau pengungkapan informasi atau data yang relevan sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi, Penyelenggara berpeluang untuk tidak dapat: (i) membuka atau melanjutkan akun Pengguna; (ii) membuat atau memberikan atau melanjutkan setiap layanan yang ada dalam Platform; dan/atau (iii) terus mengizinkan Pengguna menggunakan atau mengakses layanan dalam Platform. Penyelenggara akan memberitahu Pengguna tentang konsekuensi dari penarikan persetujuan tersebut seandainya Pengguna memberitahukan kepada Penyelenggara tentang keinginan Pengguna untuk menarik persetujuan Pengguna.
  1. Kebijakan Privasi ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan dalam hal terjadi ketidaksesuaian antara versi Bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang berlaku dan diutamakan.
  1. Jika Pengguna mempunyai pertanyaan atau saran, silahkan hubungi customer care kami di [email protected] atau menghubungi kami di (+62) 21-25556719 atau dengan mudah mengisi form pesan kami di halaman “Hubungi Kami”.